Oleh: subair | Juli 13, 2009

Perkempinas 2009 dan Gerakan Pengarustamaan dan keadilan Gender.

Bumi Perkemahan Samparona

Bumi Perkemahan Samparona

Pelaksanaan Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega Putri Nasional Tahun 2009 (Perkempi Nasional 2009) tinggal empat hari lagi. Bumi Perkemahan Samparona yang terletak di kawasan Wisata Sorawolio Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara rasanya telah siap menerima putri-putri terpilih dari 33 Propinsi di Indonesia.

Perkempinas 2009 sebagai wadah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Putri untuk menggalang persaudaraan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, menambah pengalaman serta memperluas wawasan melalui kegiatan yang inovtif dan kreatif guna mewujudkan kemandirian anggota gerakan pramuka dengan harapan tercipta kader-kader Pembina Putri yang profesional.

Sebagai kader pembina putrid tentu perannya tidak terlepas dari perhatian terhadap kaum wanita Indonesia yang masih tertinggal dibanding dengan kaum laki-laki. Kegelisahan dunia yang dicetuskan pada kesepakatan Dakar-Snegal ada tiga goal (tujuan) yang menyentuh kepentingan pemberdayaan kaum perempuan Indonesia yaitu :

1)      Menjamin semua anak, khususnya anak perempuan dan anak-anak dalam kondisi sulit serta mereka yang termasuk minoritas-etnis harus memiliki akses terhadap pendidikan dan menyelesaikan kewajiban pendidikan dasar secara gratis dan namun berkualitas menjelang tahun 2015.

2)      mencapai perbaikan 50% pada tingkat keniraksaraan orang dewasa menjelang tahun 2015, terutama bagi kaum perempuan, dan akses yang adil pada pendidikan dasar dan berkelanjutan bagi semua orang dewasa;

3)      menghapus disparitas jender di pendidikan dasar dan menengah menjelang tahun 2005, dan mencapai persamaan jender dalam pendidikan menjelang tahun 2015 yang difokuskan pada kepastian sepenuhnya bagi anak perempuan untuk memperoleh akses dalam memperoleh pendidikan dasar yang bermutu;

Seiring dengan respon Pemerintah Indonesia terhadap tiga tujuan tersebut di atas, pemerintah daerah Kota Bau-Bau telah membentuk Forum Koordinasi Pendidikan Untuk Semua (Forum PUS Kota Bau-Bau) yang ditandai dengan Surat Keputusan Walikota Bau-Bau Nomor 420/64/Pk/2007 Tanggal 24 Mei 2007. Salah satu Kelompok Kerja pada Forum ini adalah Pokja Kesetaraan dan Keadilan Gender yang telah melaporkan kegiatannya. Selengkapnya baca  di sini :  http://ustombb.blogspot.com/2009/07/laporan-singkat-pokja-kesetaraan-dan.html

Terima kasih, Salam Pramuka !!!

Hj. Aty Suryati Hani Ajasma, S.E.                                                                     (Pemerhati Gender)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: