Oleh: subair | Juli 17, 2009

Dari Pembukaan Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega Putri Tingkat Nasional 2009

Perkempinas 2009

Hutan Pinus di Kawasan Buper Samparona Perkempinas 2009

Hutan termasuk sumber daya alam yang bersifat dapat diperbaharui, dan hutan  merupakan tempat tersediannya organisme yang secara alami telah sesuai (adaptif) dengan lingkungannya, sehingga hutan perlu dilindungi dan dilestarikan. Kerusakan lingkungan karena campur tangan manusia antara lain pembangunan permukiman, penerapan ekstensifikasi pertanian, dan penebangan hutan. Hutan merupakan sumber daya alam yang penting bagi makhluk hidup. Bagi tumbuhan dan hewan, hutan sebagai tempat hidup. Adapun bagi manusia, hutan sebagai penyedia bahan baku, sumber plasma nutfah, dan sistem penunjang kehidupan.

Hutan tropis sangan penting untuk kehidupan, menjaga keseimbangan iklim, mengatur tersedianya pasokan air dan memelihara ekosistem termasuk manusia. Hutan tempat tinggal untuk separuh dari kehidupan bumi: orangutan, gajah dan macan hanya sebagian dari hewan hutan tropis. Sekitar 150 juta masyarakat adat tinggal dan bergantung pada hutan, mereka harus mendapatkan masa depan yang terjamin, sehingga mereka dapat tetap menjaga hutan. Jika para pemimpin menyetujui dan menyatakan moratorium deforestasi, keuntungan bersama akan didapatkan bagi masyarakat setempat, masyarakat yang tinggal dalam hutan, iklim dan keanekaragaman hayati dapat terlindungi.

Selama bertahun-tahun negara-negara ASEAN telah mengalami dampak dari perubahan iklim. Karena itu sangat penting untuk para pemimpin negara-negara ASEAN untuk bersama membantu melindungi pereknomian masyarakat dan iklim dari bencana.

Greenpeace adalah organisasi kampanye global independen, yang beraksi untuk  mengubah sikap dan perilaku, untuk melindungi dan melestarikan lingkungan, serta mempromosikan perdamaian.

Greenpeace mengkritik para pemimpin ASEAN yang bertemu di Thailand karena tidak segera mengambil tindakan untuk melindungi 283 juta hektar hutan di wilayah ASEAN dan masyarakat yang bergantung padanya serta kekayaan keanekaragaman hayati yang saat ini terancam keberadaannya. Deforestasi pesat dan kebablasan mengakibatkan tingginya emisi gas rumahkaca yang menjadi salah satu penyebab perubahaan iklim.

Sampai sekarang, pemerintah Indonesia masih membiarkan mayoritas hutan Indonesia dirusak untuk memproduksi kertas, produk perkayuan, coklat, kosmetik, dan produk kecantikan, minyak goreng, dan apa yang disebut ‘biodiesel’. Jika terus dibiarkan, maka pemerintah tidak hanya bersalah karena tak mampu melindungi lingkungan dan membuat jutaan masyarakat yang hidupnya bergantung pada hutan kehilangan tempat tinggal dan mata pencaharian, tetapi juga harus bertanggung jawab atas dampak negatif perubahan iklim. Greenpeace mendesak pemerintah Indonesia untuk menunjukkan komitmennya dalam menjaga hutan dengan cara mengimplementasikan moratorium pembabatan hutan untuk memberi ruang dan waktu bagi sistem yang lebih baik yang diperlukan untuk memastikan perlindungan hutan.

Kawasan ASEAN melingkupi 16% dari total tutupan hutan tropis dunia. Tetapi laju deforestasi di wilayah ini merupakan salah satu yang tertinggi pada tingkat sekitar 3,1 juta hektar per tahun. Indonesia, negara terbesar di ASEAN, tercatat di buku rekor dunia Guinness sebagai negara dengan laju deforestasi tertinggi di dunia. Greenpeace menuntut para pemimpin ASEAN untuk segera menyatakan moratorium deforestasi dan menyetujui “zero deforestation” atau laju deforestasi nol di ASEAN pada tahun 2020.

“Deforestasi global bertanggung jawab atas sekitar 20% emisi gas rumahkaca. Untuk menghentikan bencana perubahan iklim, menghentikan deforestasi adalah hal yang mendesak. Kami berharap karena kepentingan bersama negara-negara Asia Tenggara dalam hal perlindungan hutan dan perubahan iklim, ASEAN dapat mendukung seruan kami agar negara-negara industri memberikan sekitar €30 milyar tiap tahunnya untuk menghentikan deforestasi,” tegas Bustar Maitar, Juru Kampanye Hutan Greenpeace Asia Tenggara.

“Presiden Yudhoyono harus melakukan langkah nyata sekarang, atau dia akan dianggap bertanggung jawab terhadap dampak perubahan iklim. Caranya hanya dengan menyatakan dan mengimplementasikan moratorium (penghentian sementara) pembabatan hutan, yang akan memberi ruang untuk menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan saat ini, sekaligus membangun pemerintahan yang kuat,” ujar Bustar. “Selain itu, kami juga mendesak Uni Eropa dan Amerika Serikat untuk menjalankan langkah nyata untuk mengurangi emisi mereka, dan mengeluarkan uang untuk dana mengatasi deforestasi pada pertemuan iklim penting di Kopenhagen Desember mendatang. Kita butuh aksi global untuk mengatasi masalah iklim global ini.”. Dalam kaitan ini pemimpin bukan Cuma presiden, Gubernur, Bupati dan Walikota adalah pemimpin wilayah otonom yang paling dekat dengan hutan, oleh sebab itu juga paling bertanggung jawab atas penyelamatan hutan dan lingkungan di wilayahnya.

Kegelisahan Greenpeace untuk  mengubah sikap dan perilaku, untuk melindungi dan melestarikan lingkungan, serta mempromosikan perdamaian, seolah terjawab di perhelatan akbar Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional (Perkempinas 2009) di Bumi Perkemahan Samparona Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara.

Perkempinas 2009 yang dibuka hari ini (16 Juli 2009) diikuti oleh Pramuka Penegak-Pandega Putri utusan dari 24 Propinsi di Indonesia sebagai peserta dan ratusan pramukan penijau dari seluruh propinsi di Indonesia. Pada acara pembukaan Perkempinas 2009 hari ini dihadiri oleh Gubernur dan semua Bupati dan Walikota se propinsi Sulawsi Tenggara, para Pembina dan andalan pramuka dari tiap-tiap propinsi serta ribuan masyarakat local yang turut menyaksikan perhelatan akbar tingkat nasional ini.

Dalam kata sambutannya Walikota Bau-Bau Drs. M.Z. Amirul Tamim, M.Si mengajak seluruh hadirin untuk melindungi hutan dari kerusakan dan kepunahan, beliau mengatakan bahwa di kawasan Bumi Perkemahan ini terbentang sekitar 30.000 Ha hutan pinus seolah bertetiah lindungi aku wahai pramuka, lindungi aku sehingga kedepan tidak ada lagi banjir, longsor, sunami dan bencana alam lainnya. Beliau mengajak para hadirin untuk menjadikan alam sebagai sahabat untuk kesejahteraan bumi dan umat manusia.

Kegiatan Pembukaan Perkemahan Pramuka Penegak – Pandega Putri Tingkat Nasional Tahun 2009 (Perkempinas 2009) dapat dilihat di sini : http://picasaweb.google.com/ustombb/PembukaanPerkempinas200902#slideshow

Subair                                                                                                                    (Pemerhati Pendidikan dan Lingkungan)



Responses

  1. saya sangat kagum dengan bumper samparona

    • Terima kasih, kapan-kapan kita bekemah disini, Buper Samparona akan digunakan terus oleh Pramuka.

  2. samparona is D bEST….B)

    • Menlu mengatakan Indonesia merasa puas dengan hasil di Kopenhagen karena lima agenda permasalahan yang diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato di KTT tersebut telah terakomodir dalam “Copenhagen Accord”.

      Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Copenhagen Accord akan diadopsi dalam kerangka kerja pembangunan nasional sehingga Indonesia memiliki program yang sejalan dengan upaya penanganan perubahan iklim.

      Lebih jauh tentang rencana aksi nasional, Kepala Negara mengatakan para kepala daerah, bupati dan walikota diminta untuk mendukung hal tersebut, karena mereka merupakan ujung tombak pemerintah di daerah.

      Pemerintah pusat dan daerah bertanggung jawab susun policy, anggaran dan akumulasi langkah untuk capai itu, tidak akan berhasil kalau tidak ada dukungan dari private sektor,” kata Presiden.

      selenkapnya di sini : http://library.pelangi.or.id/?pilih=arsip&topik=7&nid=5860

  3. INGkita dari JAMBI,,

    • Salam buat Anggia dkk, boli umalinguakea Bau-Bau Buper Samparona. Trims!

  4. As alaikum!

    Mudah-mudahan samparona dan sekitarnya semakin menjadi perhatian pa walikota. thanks

    • Waalaikumsalam,
      Perlu setiap Gugus Depan yang ada melaksanakan Persami di Buper Samparona, semoga setiap Gudep mengadakan latihan pramuka secara rutin.

  5. sanat bagus coba di bogor ada seperti itu

    • Di Bogor-kan ada Buper Cibubur yang lebih canggi, semoga Cibubur tetap eksis dan semakin cantik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: