Pengumuman

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat, kami sampaikan bahwa :

1. Forum Diskusi Awal Bulan yang diselenggarakan oleh Tim ICT Kota Bau-Bau di blog ini, sejak bulan Juli 2008 telah menggunakan alamat web http://mgmp-bb.blogspot.com dan milis http://groups.google.co.id/group/mgmp-kota-baubau silahkan berkunjug kesana dan berpartisipasi.

2. Pemerintah Kota Bau-Bau telah mempersiapkan areal bebas akses internet gratis di Pantai Kamali. Kepada guru dan siswa diharapkan memanfaatkan fasilitas ini dengan menggunakan laptop atau mobile sendiri, pelayanan akses internet bebas pada setiap hari dari pukul 17.00 s.d. pukul 21.00.

3. Silahkan berkunjung ke Perpustakaan Digital Bau-Bau pada alamat http://www.diknasbaubau.org dan http://baubaukota.diknas.go.id

wassalam

Tim ICT Dinas Pendidikan Kota Bau-Bau.

Responses

  1. Peradaban Baru Dunia Pendidikan

    Perubahan perilaku siswa dan guru di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam dunia pendidikan.

    Dapat kita lihat anak-anak usia SD pun sudah mahir mengoperasikan komputer walau untuk bermain game dan belum mengerti esensi penggunaannya. Perkembangan teknologi jaringan internet yang makin pesat juga mendorong kemudahan akses bagi siswa dan guru untuk mendapatkan bahan pelajaran dan tugas. Jadi tidak dapat dipungkiri bahwa wabah TIK tidak hanya menjadi bagian kaum teknokrat atau eksekutif saja, tapi juga anak-anak usia sekolah, pengajar, dan masyarakat awam.

    Tren TIK yang menjangkiti masyarakat membuat pemerintah dan sekolah mau tidak mau harus mengembangkan infrastruktur dan metode pembelajaran yang tidak terlepas dari TIK. Di negara maju seperti Jepang, kompetensi dasar siswa dalam menguasai teknologi informasi merupakan syarat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Pendidikan merupakan hal mutlak bagi Jepang.

    Saat Hirosima-Nagasaki hancur oleh bom nuklir Amerika Serikat, Kaisar Hirohito langsung menanyakan berapa jumlah guru yang tersisa. Hal ini mencerminkan bahwa pendidikan untuk Jepang merupakan hal yang berharga sehingga dapat kita lihat betapa majunya Jepang saat ini. Akan tetapi, tren pemanfaatan TIK yang semakin luas tentu saja memerlukan perhatian dari semua pihak agar fokus pemanfaatan tidak hanya sekadar ikut-ikutan.

    Diperlukan sisi lain untuk disentuh, dalam hal ini pendidikan berbasis TIK yang komprehensif. Sudah terdapat banyak penelitian yang menyebutkan bahwa TIK dapat menjadi pendukung bagi berlangsungnya proses belajar-mengajar. Dalam hal ini, untuk memperluas akses ke sumber informasi pendidikan. E-learning merupakan pemanfaatan TIK dalam pendidikan yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar-mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan TIK.

    Dapat disimpulkan bahwa TIK tidak hanya sebagai alat entertainment semata, tetapi dapat dijadikan sarana untuk peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, sudah sepantasnya pemerintah, terutama para capres yang akan bertarung pada pilpres Juli nanti melibatkan TIK dalam proses belajar-mengajar mulai dari SD hingga perguruan tinggi.(*)

    Yasril Syaf

    • terima kasih telah memposting artikel saya di blog anda,,mari majukan dunia pendidikan berbasis IT di indoneisa..

      • Pak Yusril Syaf, tolong berikan alamat blognya, atau linkkan blog ini ke webnya, biar kami dapat belajar langsung dari Bapak.
        Terima kasih Pak.

  2. Assalamu alaikum ww.

    Lanjutkan tulisannya pa haji, tulisan mantap banyak bermanfaat buat masyarakat luas, warga Kota Bau-Bau khususnya…

    Wassalam

    • Waalikumsalam,
      Terima kasih Pak Salam, mari kita manfaatkan internet untuk belajar dan berbagi informasi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: